6 Kunci Menjaga Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi



Polusi, asap kendaraan, hingga asap rokok telah menodai paru Anda selama ini. Udara yang tercemar tersebut telah merusak sistem pernapasan dan menimbulkan berbagai masalah mulai dari asma hingga kanker paru. Nah, supaya tidak terkena masalah kesehatan tertentu, ada beberapa catra yang bisa dilakukan untuk menjaga dan membersihkan paru-paru. Tak perlu ribet, berikut cara alami yang bisa bebaskan paru dari berbagai polusi yang mengintai.

Cara membersihkan paru-paru dari polusi

Kesehatan paru merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan di hidup kita. Walaupun organ tubuh telah mempunyai sistem untuk membersihkan diri sendiri, tidak ada salahnya untuk membantu organ paru supaya cepat bersih.

1. Memakai air purifier

humidifier
Air purifier memang dirancang supaya bisa membersihkan udara yang ada di ruangan kita. Cobalah untuk memakai air purifier untuk meningkatkan kualitas udara yang ada di rumah Anda. Cara ini adalah awalan yang baik untuk membersihkan paru-paru kita.

2. Membersihkan ventilasi

Setelah memakai air purifier di rumah, langkah selanjutnya adalah membersihkan ventilasi di rumah kita. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur harus bebas dari debu dan kuman penyakit.
Bakteri yang menumpuk di ventilasi dapat menerobos masuk jika tidak diganti bertahun-tahun. Upayakan untuk mengganti setiap 6 bulan sekali agar kualitas udara di rumah lebih terjamin.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu cara untuk membersihkan paru kita adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan ternyata juga mempengaruhi kesehatan paru kita. Oleh karena itu, mulailah diet sehat sebagai awal yang baik untuk kesehatan.
  • Mulai hari dengan segelas air lemon. Jika tubuh kita terhidrasi dengan baik, proses membersihkan paru pun menjadi lebih lancar.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti anggur, kiwi, jeruk, tomat, dan brokoli.
  • Tidak lupa memasukkan makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Misalnya, bawang putih, apel, teh hijau, ataupun jahe.

4.Lakukan aktivitas di luar ruangan

efektif bakar lemak waktu jogging yang baik
Jika kita mendapat asupan udara yang segar di pagi hari, jaringan di dalam paru-paru kita pun dapat berkembang dan bekerja lebih baik. Cobalah untuk memeriksa tingkatan polusi di daerah Anda.
Hindari berolahraga di luar ketika kualitas polusi sedang tinggi-tingginya. Selain itu, menjauhi asap rokok atau sampah yang sedang dibakar juga harus turut dipertimbangkan ketika sedang berolahraga di luar.

5. Mengontrol batuk

pantangan saat batuk
Batuk adalah salah satu cara yang paling alami untuk membersihkan paru. Akan tetapi, jika kita lebih bisa mengatur batuk kita sendiri, lendir di paru kita pun akan terangkat dan masuk melalui saluran udara. Berikut tahap-tahap untuk membersihkan paru dari lendir.
  • Duduk dengan posisi tegap dan menapakkan kaki di lantai.
  • Lipat lengan di atas perut
  • Ambil napas secara perlahan melalui hidung
  • Buang napas perlahan-lahan sembari mencondongkan tubuh ke depan
  • Usahakan untuk batuk 2-3 kali ketika membuang napas dengan mulut sedikit terbuka.
  • Ambil napas kembali
  • Istirahat dan ulangi seperlunya saja.

6. Hindari kebiasaan merokok

Salah satu zat penyumbang berbahaya di paru kita adalah rokok. Oleh karena itu, jika Anda adalah perokok aktif, pertimbangkanlah untuk mulai mengurangi hingga berhenti dari kebiasaan tersebut. Tidak hanya Anda yang akan terkena dampaknya, tetapi orang lain yang berada di dekat Anda pun terkena imbasnya. Organ pernapasan kita pun terasa lebih ringan karena bersih dan bebas dari lendir. 
Cara-cara di atas merupakan hal yang memang mudah dilakukan, tetapi sulit jika tidak ada kemauan. Jika Anda ingin paru yang lebih bersih, usahakan untuk berhenti dari aktivitas yang justru membuat sistem pernapasan Anda menjadi lebih buruk. Apabila Anda sudah terpapar oleh polusi udara yang cukup tinggi, segera konsultasikan ke dokter Anda. Tanyakan bagaimana cara untuk membersihkan paru kita.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Kunci Menjaga Paru-Paru Bersih dari Debu dan Zat Polusi"

Post a Comment